Breaking

Friday, August 25, 2017

Cara Trading di Exchange Poloniex Menggunakan Margin

Trading adalah aktifitas jual beli coin cryptocurrency yang mengambil keuntungan dari selisih harga buy dan sell, trading sendiri dibagi menjadi 2 jenis yaitu exchange dan margin. Yang membedakan keduanya adalah jika trading menggunakan teknik exchange kita membeli dan akan menerima coin tersebut akan tetapi jika margin kita membeli coin tersebut tetapi tidak menerima coin yang kita beli dalam arti lain trading menggunakan methode margin hanya menebak harga suatu coin akan naik atau turun. Trading menggunakan methode margin lebih beresiko dibandingkan trading menggunakan methode exchange hal ini dikarenakan jika salah memprediksi order Anda akan terkena liquidasi secara paksa, selengkapnya akan saya bahas dibawah ini.
Marketplace Cryptocurrency Exchange

Apa itu trading margin ? trading margin pada dasarnya perdagangan dengan dana pinjaman yang tidak sepenuhnya menggunakan dana Anda sendiri. Ketika Anda menempatkan order margin, semua dana yang Anda gunakan adalah hasil pinjaman dari pengguna lain yang menawarkan dana sebagai pinjaman secara peer-to-peer. Dana di rekening margin hanya dapat digunakan sebagai jaminan untuk pinjaman ini dan untuk melunasi hutang kepada pemberi pinjaman alias tidak bisa di withdraw.

Cara Trading Margin Di Poloniex

Mengenal istilah - istilah dalam margin trading :
http://www.melodycrypto.com/
  • Position : Long (beli) dan Short (jual)
  • Amount : Jumlah bersih mata uang pasar yang telah di beli atau di jual
  • Base Price : Harga dasar dimana Anda akan perlu untuk menutup posisi
  • Est. Liquidation Price : Perkiraan Ask tertinggi atau Bid terendah dimana liquidasi paksa akan terjadi 
  • Unrealized P/L : Perkiraan keuntungan atau kerugian yang Anda dapatkan dan akan dikenakan biaya jika posisi di close, termasuk biaya pinjaman yang telah di bayar.
  • Unrealized Lending Fees : Nilai estimasi biaya pinjaman saat open position
  • Action : Untuk menutup posisi order Anda

http://www.melodycrypto.com/

  • Total Margin Value : Nilai Bitcoin dari total keseluruhan mata uang di balance margin, hal ini ditentukan oleh jumlah Bitcoin yang ada di balance margin Anda dan ditambah kekurang dana untuk setiap saldo yang ada di balance margin, jumlah Bitcoin bisa di jual pada order book saat ini. Penting untuk di ingat bahwa nilai rekening margin Anda dapat berubah dengan cepat tergantung perubahan kondisi pasar.
  • Net Value : Jumlah dana yang belum di realisasi P/L , dan biaya pinjaman yang belum di realisasi . ini merupakan total estimasi keseluruhan saldo Anda
  • Total Borrowed Value : Nilai total pinjaman terbuka. Hal ini ditentukan oleh jumlah dana yang sedang Anda pinjam ditambah jumlah dana yang akan diperlukan untuk membeli pada order book saat ini, dan total semua mata uang lainnya yang di pinjam, penting untuk di ingat bahwa nilai ini bisa berubah dengan cepat tergantung oleh perubahan kondisi pasar.
  • Initial Margin : Persentasi nilai net Anda dari total nilai hasil meminjam dana. Misalnya jika kamu meminjam 3 Bitcoin dan Initial Margin kamu 40% , kamu harus memiliki setidaknya 40% dari 3 Bitcoin atau 1,2 Bitcoin - senilai dana dalam rekening margin kamu, kerugian yang belum di realisasi kurang dan biaya pinjaman.
  • Maintenance Margin : Persentasi jumlah nilai pinjaman harus dalam rangka untuk menghindari liquidasi paksa.
  • Current Margin : Persentasi jumlah nilai yang dipinjam dan nilai aset Anda saat ini (dengan kata lain, nilai net lebih dari total nilai pinjaman). Margin saat ini adalah nilai kritis, karena jika nilai persentasi di bawah biaya maintenance margin, akun Anda akan terkena liquidasi paksa. Misalnya, Anda memiliki 1,5 Bitcoin di balance margin, dan margin maintenance Anda adalah 20%. Meminjam 20% dari 3 Bitcoin, Anda membuka posisi Long (buy) di market XMR. Sekarang, untuk menghindari liquidasi paksa, nilai bersih dari rekening margin Anda harus tetap berada di atas 20% dari 3 Bitcoin yang Anda pinjam , atau sekitar 0,6 Bitcoin. Jika harga XMR mulai menurun, jumlah Bitcoin bisa Anda dapatkan dengan menjual XMR yang Anda punya.

Apa itu Liquidasi Paksa? Liquidasi paksa adalah ketika seluruh atau sebagian dari posisi Anda di close secara otomatis untuk mencegah kerugian lebih lanjut dan memastikan Anda tidak bangkrut karena dana pinjaman. Hal ini sangat disarankan agar Anda selalu memeriksa kondisi pasar dan open position secara teratur, mengurangi resiko dengan mengurangi ukuran posisi atau mentransfer dana tambahan ke balance margin. Keadaan pasar dapat berubah dengan sangat cepat, dan tidak ada jaminan dapat dibuat bahwa Anda akan menerima Margin Call atau peringatan kepada Anda untuk mencegah liquidasi paksa yang akan di kirimkan via email.

Apa itu Margin Call? Margin call adalah peringatan berupa email notifikasi yang isinya pemberitahuan bagi Anda untuk mencegah terjadinya liquidasi paksa.

Lalu bagaimana cara agar tidak terkena Liquidasi paksa? 
untuk menghindari hal itu ada beberapa cara diantaranya dengan :
  • Menambah saldo Bitcoin yang ada di Margin , misal Anda memiliki 1,5 Bitcoin di balance margin, dan margin maintenance Anda adalah 20%. Artinya Anda meminjam 20% dari 3 Bitcoin, dan Anda membuka posisi Long (buy) di market XMR. Sekarang, untuk menghindari liquidasi paksa, nilai bersih dari balance margin Anda harus tetap berada diatas 20% dari 3 Bitcoin yang Anda pinjam , atau sekitar 0,6 Bitcoin. Jika harga XMR mulai menurun, Bitcoin tambahan bisa Anda dapatkan dengan menjual XMR Anda.
  • Merubah open posisi , misalnya Anda open posisi Long (buy) ternyata kondisi market menurun bukannya naik (salah prediksi) untuk menjaga agar Current Margin tetap berada di area 40% Anda tinggal merubah posisi order Anda dengan open posisi Short (jual) nanti dengan otomatis order posisi Long (buy) kamu akan close sendiri. Cara ini digunakan jika bermain All in dan tidak ada dana lagi untuk menambah balance di Margin.

Hal - hal apa saja yang perlu di perhatikan dalam trading margin ? trading margin pada dasarnya menganut pedoman "Trend Is Friend" jadi kita jangan melawan arus trend jika tidak ingin lose , ikuti saja arah trend pasar mau kemana. Dan jangan serakah dalam mengambil profit.

Setelah mengenal istilah - istilah dalam margin trading sekarang kita simak langkah - langkah trading margin, sebelum memulai pastikan Anda sudah login ke akun Poloniex

Jika sudah login silahkan Anda klik menu Margin Trading dibagian atas
http://www.melodycrypto.com/

Kemudian pada menu balance pilih transfer balance lalu masukan amount yang ingin di transfer dari balance Exchange ke Margin trading
http://www.melodycrypto.com/
http://www.melodycrypto.com/

Setelah balance margin terisi , kamu tinggal pasang order , pasang Long (buy) ketika pasar dalam keadaan naik dan pasang Short (jual) ketika pasar dalam keadaan turun. 
http://www.melodycrypto.com/
Keterangan :
Price : Isi dengan harga order 
Amount : Isi dengan jumlah coin yang mau dibeli atau jual
Loan Rate : Biarkan saja seperti itu (2%)

Setelah memasang order kita tinggal menunggu order clear , setelah order clear maka posisi pun menjadi open seperti ini.
http://www.melodycrypto.com/
Jika sudah Open Position kita tinggal menunggu Unrealized P/L bewarna Hijau (win) Merah (lose). Jika dirasa profit sudah cukup Anda tinggal klik action close dibagian kanan table. Jika Anda ingin menarik hasil dari trading margin , Anda tinggal kembali ke menu transfer balance yang ada di atas lalu mentransfer balance dari margin to exchange.

No comments:

Post a Comment